trik dan tipsz membangun warnet

Kamis, 15 April 2010


Salam buat rekan-rekan semua..pada TS ini gw cuman pengen sedikit berbagi gimana langkah-langkah awal yang harus diambil kalo berniat untuk membangun sebuah warnet....namun sebelum nya gw mohon maaf kepada para senior...bukan maksud mengajari, namun cuma ingin sekedar berbagi...

OK..kita mulai aja ya bro...

* Persiapan


1. Tahap awal tentunya brader harus menentukan dulu berapa besar budget yang dimiliki. perlu diperhatikan bahwa untuk membangun sebuah warnet akan menelan dana yang tidak sedikit kira-kira 50jt - 100jt. Nilai tersebut adalah merupakan modal untuk interior (meja, kursi, ac dan kipas angin), komputer (tergantung dengan keinginan) serta lokasi.
2. Pertimbangkan juga lokasi yang direncanakan, apakah cukup ramai..??, apakah berada dilingkungan kampus atau lingkungan sekolah. Kenapa harus dilingkungan sekolah atau kampus..?? karena pada umumnya mahasiswa dan pelajar sekolah butuh informasi-informasi yang mendukung kegiatan akademiknya.
3. Hal ini yang paling penting...tentukan target pelanggan yang akan digaet..apakan hanya dari golongan "chatter dan netter" aja ataukah golongan "Gamer".
4. Mulailah kenali hardware dan software yang akan dipergunakan. lakukan pengecekan terhadap harga-harga perangkat yang akan digunakan termasuk layanan garansi.

* Hardware dan Jaringan

1. Gimana apakah brader dah tentuin target pasarnya...?? Pertama : PC untuk target netter : Untuk jenis target yang ini gw saranin brader gak perlu mikirin buat beli PC super karena umumnya target dalam kategori ini tidak membutuhkan kemampuan grafis yang tinggi. brader bisa membeli PC dengan Spek yang menengah misalnya : PC Pentium IV 2,8Ghz dengan Memory 512Mb, harddisk 80gb, monitor 17inchi (jika dana cukup belilah yang LCD) dengan budget sekitar 4jt-an tapi jika target pasarnya adalah para gamer brader harus siapkan kocek sedikit lebih spesifikasi boleh seperti diatas namun lakukan lah penambahan terhadap besar memory, naikan menjadi 1 gb dan tambahan display card (Pci-e) hal ini untuk menambah kinerja sistem terhadap proses rendering image dan video.
2. Tambahkan aksesoris lainnya seperti Headset atau speaker atau webcam..juga printer, siapa tau ada yang pegen nge-print.
3. Untuk jaringan pastikan brader beli kabel UTP yang berkualitas bagus, karena umumnya sekarang banyak kabel UTP yang memiliki kualitas yang buruk.
4. Belilah Switch Hub yang memang sudah teruji kualitas nya
5. Untuk interior...itu terserah sama brader aja...pilihlah bahan yang tahan lama dan juga mudah untuk dilakukan perawatan, jangan memilih warna yang gelap karena akan membuat warnet jadi kurang menarik..
6. Lengkapi juga warnet anda dengan AC dan Kipas Angin, sehingga pelanggan akan merasa nyaman dan betah untuk berlama-lama.

* Mau Pake Koneksi apa...??

1. Untuk yang ini harap brader lebih selektif lagi dalam memilih, dan disesuaikan dengan kebutuhan. Karena Sekarang ini banyak profider yang menawarkan hal-hal yang menarik dan harga murah. sebaiknya kenali dulu dan tanya-tanya sama rekan-rekan lain yang udah pernah menggunakannya.
2. Secara garis besar sekarang ini untuk koneksi internet dapat dibagi menjadi dua ...yaitu menggunakan wireless atau menggunakan kabel (ADSL/DSL). biasanya profider yang menyediakan wireless akan menawarkan beberapa pilihan 1:1 , 1:2 dst...ada juga yang menawarkan besaran bandwidth 128 up to 256 atau 256 up ti 512 kbps, dan biasanya juga harga yang ditawarkan akan lebih mahal, ( untuk daerah medan biasanya untuk paket yang 128 up to 256 itu di hargai dengan harga 2,2jt s/d 2,4jt perbulan unlimited). sementara untuk profider ADSL seperti SPEEDY menawarkan harga yang jauh lebih murah untuk paket warnet dihargai 1,8jt perbulan (sekitar 3 Mbps unlimited) atau paket Office dengan harga 750.000 perbulan (sekitar 1 Mbps unlimited)

* MANAJEMEN PENGELUARAN BULANAN

1. Hal ini adalah merupakan salah satu hal penting yang dan harus mendapatkan perhatian khusus, karena juga akan menjamin hidup dari warnet..."aturlah pegeluaran rutin agar tidak jatuh pada tanggal yang sama" misalnya : pengeluaran rutin Gaji operator dilakukan tiap tanggal 2 , pembayaran air dan listrik dibayar tanggal 15, pembayaran tagihan internet 20.
2. masih di pikirin..

0 komentar:

Untuk berlangganan gratis artikel terbaru dari blog ini ke email anda, silahkan ketik email anda di bawah ini, kemudian klik tombol berlangganan masukan alamat email anda kemudian klik berlangganan:

Posting Komentar

biasakan sebelum meninggalkan entri ini di sarankan beri komentar ,kritik,saran dan pertanyaan bisa anda tulis di sini